Our Services

Smilestory Dental Clinic always aim to provide professional and patient-centered dental care.


Teeth Whitening (Pemutihan Gigi)





Teeth Whitening
atau Dental Bleaching adalah perawatan untuk meningkatkan kecerahan warna gigi. Seringkali seiring bertambahnya usia, serta akibat pewarnaan dari makanan dan minuman, gigi menjadi berwarna kekuningan. Melalui treatment Teeth Whitening, zat-zat warna tersebut dihilangkan sehingga gigi menjadi lebih putih dan cerah.

Sebelum dilakukan Teeth Whitening, gigi harus bersih dari plak dan karang gigi terlebih dahulu. Teeth whitening tidak dapat mengubah warna restorasi seperti tambalan gigi, veneer, dan crown. Apabila setelah teeth whitening ada warna restorasi yang berbeda, setelahnya dilakukan penambalan ulang atau pembuatan veneer dan crown ulang jika diperlukan.

Terdapat 2 jenis Teeth Whitening treatment, yaitu In-Office Bleaching/Teeth Whitening dan Home Bleaching

Apakah perawatan Teeth Whitening aman?
Perawatan ini sangat aman selama dilakukan sesuai dengan instruksi.

Apakah ada efek samping dari perawatan Teeth Whitening?
Beberapa saat setelah Teeth Whitening, gigi dapat terasa lebih sensitif. Untuk mengurangi sensitivitas gigi setelah dilakukan treatment Teeth Whitening, pasien dianjurkan untuk menggunakan Desensitizing paste atau Tooth Mousse setelah treatment. Sensitivitas ini hanya berlangsung sementara dan berangsur-angsur akan hilang dengan sendirinya.

Berapa lama perubahan warna hasil Teeth Whitening dapat bertahan?
Perubahan warna setelah teeth whitening dapat bertahan hingga 3 tahun dengan maintenance yang baik, di antaranya mengurangi makanan dan minuman yang mengandung zat warna, misal: kopi, teh, wine.

Home Bleaching merupakan proses pemutihan gigi yang dilakukan di rumah oleh pasien sendiri. Awalnya akan dilakukan pencetakan dan pembuatan custom tray. Teeth whitening gel diaplikasikan di bagian dalam tray lalu dipakai selama 2-4 jam. Proses ini kemudian diulang selama 5-10 hari.

Pada treatment Home Bleaching, konsentrasi bahan whitening lebih rendah dan perubahan warna yang terjadi bertahap.

In-Office Bleaching/Teeth Whitening dilakukan satu kali kunjungan oleh dokter gigi. Prosesnya sendiri dibagi menjadi 3-4 sesi. Masing-masing sesi selama 15 menit. Awalnya gusi dilapisi bahan pelindung terlebih dahulu, kemudian teeth whitening gel dioleskan pada permukaan gigi dan disinar. Setiap selesai satu sesi, warna gigi dan sensitivitas gigi dievaluasi. Umumnya setelah 3-4 sesi sudah dicapai tingkat kecerahan gigi yang diinginkan.